Kitab
Kuning adalah istilah untuk kitab literatur dan referensi Islam dalam
bahasa Arab klasik meliputi berbagai bidang studi Islam seperti Quran,
Tafsir, Ilmu Tafsir, Hadits, Ilmu Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, Kaidah
Fiqih, Tauhid, Ilmu Kalam, Nahwu dan Sharaf atau ilmu lughah termasuk
Ma’ani Bayan Badi’ dan Ilmu Mantik, Tarikh atau sejarah Islam, Tasawuf,
Tarekat, dan Akhlak, dan ilmu-ilmu apapun yang ditulis dalam Bahasa Arab
oleh para ulama dan intelektual muslim klasik.
Disebut Kitab Kuning karena dulunya kitab-kitab tersebut dicetak pada
kertas berwarna kuning. Baik cetakan dalam negeri atau cetakan luar
negeri (Beirut).
Walaupun saat ini sebagian besar sudah dicetak pada kertas berwarna
putih, namun nama kitab kuning tetapi dipakai dan lebih populer daripada
sebutan lain. Bahkan, kitab versi digital pun tetap disebut kitab
kuning.
Istilah lain dari Kitab Kuning adalah kitab gundul atau kitab klasik.
Di negara Arab, kitab kuning disebut dengan Kitab Turats (Turos).
Pada perkembangannya, kitab kuning tidak hanya terbatas pada
kitab-kitab yang ditulis oleh ulama klasik yang hidup di abad
pertengahan, tapi juga mencakup pada kitab-kitab yang ditulis oleh ulama
kontemporer yang meliputi bidang studi keislaman (Islamic Studies).
Perlu juga dicatat, bahwa kitab kuning dikaji secara mendalam hanya
di Pondok Pesantren yang bersistem salaf. Sedangkan di pesantren yang
bersistem modern, seperti Gontor dan semacamnya, kitab kuning tidak
dipelajari secara detail atau bahkan tidak dikaji sama sekali. Itulah
antara lain yang akan membedakan hasil keluaran pesantren salaf dan
modern. Lulusan pesantren salaf lebih mahir dan menguasai kitab kuning
dan mumpuni di bidang hukum syariah (fiqih Islam) sedangkan keluaran
pesantren modern umumnya hanya bisa berbicara bahasa Arab sehari-hari.
Dengan kata lain, kalau pesantren salaf lebih menekankan pada kemampuan
bahasa Arab tulis (writing) dan baca (reading), maka pondok modern lebih
menekankan pada kemampuan bahasa Arab bicara (speaking).
Idealnya, sebuah pesantren mengombinasikan sistem yang ada di pesantren salaf dan modern.
download kitab kuning syafiiyyah dibawah ini:
Mughni al-Muhtaj ila Ma'rifati Alfadh al-Minhaj - al-Khatib al-Syarbini
كتاب
فقه على المذهب الشافعي ، شرح به المؤلف كتاب "منهاج الطالبين " للنووي (
676هـ ) ، فوضح معانيه ، و أفصح عن مفهومه ومنطوقه ، وأبرز مكنونه ، وأظهر
سرائره ، وهو شرح وسط ، خال من الحشو والتطويل ، حاو للدليل والتعليل ،
مبين المعول عليه من كلام الشافعي والأصحاب والمتأخرين ، تبعا لما يذكره
النووي من القول الراجح ، والمرجوح ، ليكون الكتاب عمدة للمفتي والطالب
وغيرهما .
وكان الشربيني الخطيب يخرج الأحاديث من كتب السنة ، ويوشح الأحكام بالفروع الكثيرة ، والفوائد النافعة ، والأدعية المأثورة ، وينقل عن شيوخه ، وعن شراح المنهاج ، وينسب الأقوال إلى أصحابها .
فالكتاب نافع ومفيد ، ومتوسط الحجم ، ومدعوم بالأدلة بدون مقارنة مع بقية المذاهب
وكان الشربيني الخطيب يخرج الأحاديث من كتب السنة ، ويوشح الأحكام بالفروع الكثيرة ، والفوائد النافعة ، والأدعية المأثورة ، وينقل عن شيوخه ، وعن شراح المنهاج ، وينسب الأقوال إلى أصحابها .
فالكتاب نافع ومفيد ، ومتوسط الحجم ، ومدعوم بالأدلة بدون مقارنة مع بقية المذاهب
....
Hasyiyata al-Qalyubi wa 'Umairah 'ala Syarah al-Mahalli 'ala Minhaj alThalibin
منهاج الطالبين متن في فروع الشافعية للإمام النووي ولأهمية هذا المتن فإن عليه شروحا كثيرة ومهمة من بينها شرح الإمام جلال الدين المحلي المسمى كنز الراغبين،
وهاتان حاشيتان مهمتان الأولى لأبي العباس أحمد بن سلامة القليوبي الشافعي
والثانية لشهاب الدين أحمد البرلسي الملقب بعميرة شرحا فيهما كنز الراغبين
توسعا في شرحه واستدركا عليه وجاءا بالإستدلالات والنصوص من الآيات
والأحاديث وآراء أصحاب المذهب
...

Tidak ada komentar:
Posting Komentar